Activity

  • Hovmand Loft posted an update 1 year, 3 months ago

    Tanaman lidah buaya yang telah ditanam jika tidak dilakukan perawatan hasilnya akan sama saja, tidak akan tumbuh atau bisa mati. Nah, kamu bisa mempraktikkan cara merawat tanaman lidah buaya seperti yang ada di bawah ini.

    1. Pencahayaan yang Cukup

    Tanaman hias lidah buaya ini, sebenarnya termasuk ke dalam jenis tanaman sukulen, sehingga cahaya matahari yang dibutuhkan bisa dibilang cukup banyak. Hal ini dikarenakan cahaya matahari sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dari tanaman lidah buaya. Kamu bisa memberikan sinar cahaya matahari pada pagi hari dan sore hari. Maka dari itu, kamu harus dengan rutin untuk memerhatikan pencahayaan terhadap tanaman lidah buaya.

    Namun, dalam pencahayaan ini, kamu jangan membiarkan tanaman lidah buaya yang kamu tanam terkena cahaya matahari secara langsung karena bisa membuat tanaman ini menjadi lebih cepat kuning. Apalagi jika kamu terlambat memberikan air, maka tanah akan mudah cepat mengering.

    2. Penyiraman yang Dilakukan Secara Rutin

    Sama dengan tanaman-tanaman yang berjenis sukulen, tanaman hias lidah buaya tidak perlu memerlukan air terlalu banyak karena tanaman hias ini mampu meyimpan cadangan air di daunnya. Jika kamu terlalu sering menyiram tanaman hias lidah buaya, kemungkinan besar akarnya akan mudah membusuk, bahkan tanaman lidah buaya bisa mati lebih cepat.

    Alangkah baiknya ketika kamu ingin menyiram tanaman lidah buaya, sebaiknya perhatikan kondisi dari tanahnya. Apabila tanah sudah dalam keadaan kering, baru kamu menyiramnya dengan air yang cukup dan siramlah dengan feeling yang tepat. tanaman hias estetik kamu masih bingung atau malas untuk mengecek kondisi tanah, maka kamu bisa menyiram tanaman lidah buaya selama 2-3 minggu sekali saja.

    3. Cek Suhu di Sekitar

    Meskipun tanaman lidah buaya sangat suka dengan suhu udara yang cukup tinggi atau panas, tetapi ternyata suhu yang mampu ditahan oleh tanaman lidah buaya Indonesia hanya mencapai 27 derajat celcius saja. Apabila suhu sudah mulai melebihi dari 27 derajat celcius, sebaiknya segera pindahkan tanaman lidah buaya ke tempat yang lebih sejuk atau ke tempat yang suhunya lebih rendah.

    Tanaman lidah buaya ini ternyata bukan hanya tidak terlalu kuat pada suhu yang cukup panas saja, tetapi pada suhu yang cukup dingin tanaman ini juga tidak mampu bertahan hidup dengan maksimal. Maka dari itu, kamu perlu mengecek suhu di sekitar tanaman lidah buaya setiap harinya agar pertumbuhan dari tanaman dengan daun bergerigi ini tidak mudah mati dan tumbuh dengan maksimal.

    4. Pemberian Pupuk Secara Rutin

    Meskipun tanaman lidah buaya hanya sebuah tanaman, tetapi sangat membutuhkan nutrisi tambahan dalam proses pertumbuhannya. Dengan pertumbuhan yang maksimal, kamu dapat melihat keindahan serta merasakan manfaat dari tanaman lidah buaya.

    Tambahan nutrisi bisa kamu berikan lewat pupuk. Pupuk yang diberikan sebaiknya pupuk NPK, pupuk ini sangat baik untuk diberikan tanaman lidah buaya karena terdapat kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium.

    Sama dengan halnya penyiraman air, pemberian pupuk ini jangan diberikan secara berlebihan karena bisa membuat tanaman lidah buaya cepat busuk. Idealnya pemberian pupuk ini dilakukan dalam kurun waktu dua minggu sekali. Bukan hanya waktu saja yang perlu diperhatikan ketika memberikan pupuk, kamu perlu mengukur pemberian pupuk sekitar dua gram pada setiap pot tanaman lidah buaya.

    5. Pemilihan Media Tanah

    Sama pada tanaman-tanaman hias lainnya, tanah yang digunakan pada tanaman lidah buaya juga perlu diperhatikan. Tanah yang dalam keadaan baik akan memudahkan tanaman lidah buaya tumbuh subur. Namun, tanah yang dalam keadaan kurang baik, bisa menyebabkan tanaman lidah buaya mudah membusuk dan pertumbuhannya menjadi tidak maksimal.

    Ketika kamu menanam dan merawat tanaman hias lidah buaya, sebaiknya capurkan tanah pasir dengan perlit dan batu apung. Perlit dan batu apung berfungsi sebagai media dari tanah tanaman lidah buaya. Dengan adanya campuran tanah pasir, perlit, dan batu apung, maka akar yang ada pada tanaman lidah buaya akan semakin kuat dan kokoh, sehingga tidak akan mudah lepas atau copot.

    6. Pemilihan Pot

    Dalam merawat tanaman lidah buaya ini, bukan hanya pemberian air, pupuk, dan sebagainya saja yang perlu diperhatikan. daungacor yang digunakan untuk menanam dan merawat tanaman lidah buaya juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan pot sangat memengaruhi kualitas dari tanaman lidah buaya. Jika saluran air pada pot tidak lancar, maka tanaman lidah buaya akan mudah membusuk. Jadi, sebelum menanam dan merawat tanaman lidah buaya kamu perlu memerhatikan saluran airnya.