Activity

  • Munk Bentzen posted an update 5 years, 3 months ago

    Banyak sekali orang yang menyenangi

    batu akik sebab mempunyai poin estetika dan keunikan tersendiri. Tidak hanya orang tua saja yang suka batu ini, karena ada cukup banyak kalangan muda yang menyukainya. Pencinta batu ini tidak melihat profesi, sehingga banyak sekali dicari. Sebetulnya, batu ini mempunyai tipe tipe dan jenis, sehingga tidak dapat dipungkiri, bahwa kesukaan tiap orang tentu berbeda-beda.

    Bagi yang penasaran dengan batu unik ini, maka ada sebagian ragam yang perlu diketahui antara lain merupakan sebagai berikut.

    1. Bacan Hijau

    Batu jenis ini banyak sekali dicari oleh para kolektor. Pada dasarnya batu ini berasal dari Maluku Utara di Halmahera Selatan tepatnya tempat pulau kasiruta. Kolektor ragam batu ini tak hanya di Indonesia saja akan namun juga terdapat banyak kolektor mancanegara. Keunikan dari batu ini yakni dapat bermetamorfosa dengan alami karena akan terlihat kian menawan seiring berjalannya waktu.

    2. Tipe Kalimaya

    Banyak orang yang menyebut batu akik Kalimaya dengan sebutan black opal. Pada dasarnya batu ini dikategorikan lembek, akan tetapi banyak sekali kolektor yang mencari batu ragam ini. Warna dari batu jenis ini adalah seperti berlian sehingga benar-benar menarik perhatian. Negara-negara yang acap kali ditemui batu jenis ini yakni Meksiko, India, Mesir, Australia, dan di Banten Indonesia.

    3. Jenis Kalsedon

    Sesungguhnya batu ragam kalsedon ini memiliki ciri-ciri yang benar-benar khas yakni seolah-olah diselimuti dengan kabut yang transparan. Hal inilah yang mewujudkan batu ragam ini lebih eksotis. Daerah-daerah yang acap kali ditemui batu ini ialah di daerah Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat.

    4. Jenis Zamrud

    Bagi pencinta batu ragam zamrud maka perlu menyiapkan banyak uang untuk mendapatkannya. Warna khas dari batu ini merupakan warna hijau dan sering kali diaplikasikan untuk batu perhiasan. Saat zaman kerajaan, batu dengan ukuran kekerasan sekitar 7,5 skala mohs ini dibuat sebagai simbol kemakmuran serta ketentraman.

    Demikianlah sebagian ragam batu akik yang perlu diketahui oleh para kolektor. Masih ada puluhan variasi lainnya yang sangat menarik dan tentunya banyak sekali diburu oleh para pencinta ragam batu ini. Ada cukup banyak daerah di Indonesia yang terdapat banyak tambang batu ini.