Activity

  • Tanner Frederiksen posted an update 5 years, 4 months ago

    Sejarah ialah salah satu ragam ilmu pengetahuan yang pasti sudah tidak asing lagi kita dengar istilahnya. Malahan dalam mata pelajaran di sekolah sendiri sudah selalu diajarkan. Tetapi sesekali masih banyak orang yang belum memahami apa itu definisi dari pembelajaran history sendiri. Berdasarkan sumber dari ensiklopedia memang disebutkan bahwa istilah ini ditujukan untuk mengacu pada suatu ilmu yang membahas seputar asal muasal dan semua bentuk kejadian di masa lampai yang dianalisis secara mendalam, melewati alur penelitian yang sesuai dengan prosedur.

    Sehingga dengan kata lain bisa diistilahkan bahwa suatu pelajaran history haruslah mempunyai landasan teoritis uang tepat dan bisa dipertanggungjawabkan. Ilmu ini tak bisa asal dikarang atau ditulis melainkan sepatutnya berdasarkan bukti yang nyata.

    Meskipun istilah lain yang sering kali dikaitkan dengan history lainnya yakni mitos. Yang berasal dari kata myth. Istilah yang satu ini tak jarang dihubungkan dan dianggap memiliki arti yang sama dengan istilah history. Namun hakekatnya kedua istilah hal yang demikian dialamatkan atau merujuk pada dua hal yang sama sekali berbeda. Anda perlu berhati-hati dalam memaknai keduanya.

    Karena kalau keliru, maka makna yang dibuat juga akan berseberangan. Untuk istilah myth ini sendiri diistilahkan sebagai suatu istilah yang dialamatkan pada sebuah momen yang disebutkan secara turun temurun dari leluhur dan dianggap benar keberadaannya. Tapi hakekatnya myth ini belum bisa digambarkan kongkritnya secara riil. Sehingga apa yang dikelompokkan dalam myth ini belum dapat dikategorikan dalam history.

    Sehingga Anda perlu hati-hati dalam mengartikan mana yang menjadi myth dan mana history. Belum lagi seandainya diperbandingkan dengan istilah legenda. Istilah yang satu ini lebih mengacu pada asal muasal perihal terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contohnya yakni Legenda Tangkuban Perahu, atau Legenda Situ Bagendit.

    Lazimnya dalam istilah legenda ini Anda akan dihadapkan pada cerita rakyat yang juga dipercaya secara turun temurun oleh suatu masyarakat sebagai asal muasal kisah terjadinya atau terbentuknya suatu wilayah. Lain lagi jika Anda berkenaan dengan istilah suatu kebiasaan di suatu wilayah, maka itu masuk dalam golongan budaya.